//
you're reading...
Coretan, Serial-Motivasi, Tips

Kiat jitu menulis ala chef Om Jay

acara dibuka oleh mba susi pengurus akber bekasi selaku moderator ceremony (mc).

om jay ini keren banget. prestasinya banyak banget. sebagai pendidik dan sebagai penulis.

begini nih ceritanya:
1. mengapa guru perlu membuat buku?
– dunia guru tdk terlepas dari membaca dan menulis
– setiap hari bergelut dgn dunia buku
– menguasai materi ajar

hidup itu singkat, this is a statement of the day😀

2.  T U L I S (mas Baban)
– T emukan ide
– U kir idenya
– L ibatkan otak kiri dan kanan
– I lmu dan teknik penulisan dikuasai
– S esuaikan tulisan dgn pembaca

3. Om Baban, Berawal dari blog, terbit 6 buku😀
– Ampuh Cerdas Tanpa Batas
– Saldo dan Bidadari Surga
– Lebah Cerdas on The Road
– Hati Tak Bersudut

4. Buku karya Om Jay
– Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa Yang Terjadi
– Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya (buku ke8)
– TIK : Menulis Blog untuk Pendidikan

5. Cara jitu buat buku, ini nih tipsnya omjay,
“Pelajari cara org lain membuat buku dan susun rencana pembuatannya”

apaan sih spesifiknya? begini nih, baca dengan teliti ya…
1. Melek Teknologi (informasi)
2. Tuliskan apa yang dilihat
3. Abadikan setiap momen
4. Minta pendapat teman

5. Manfaat menulis buku, mau tahu?
Ilmu nambah dan harta berdatangan😀

6. Menembus penerbit, ini nih yang wajib jd perhatian bagi yg mau punya buku😀

– Cari alamat IKAPI
– Cari informasi penulis senior
– Tawarkan dengan hardcopy
– Buat komitmen kerjasama
– Jalin komunikasi intensif

Nah ini biasanya jawaban penerbit,
– Diterima tanpa revisi
– Diterima dengan revisi
– Ditolak (ini nih, yg mesti jadi menyiapkan mental… hehe…)

Kalau udah diterima pasti seneg dong, tapi jangan kegirangan banget dong, ini nih tips dikit,
pelajari Mou, ini penting banget ya, biar ndak merugikan kita😀

Nah, kalau ditolak, jangan bersedih banget ya… sedikit tips nih,
1. Minta surat penolakan
2. Pelajari kesalahan
3. Bongkar naskah
4. Cari penerbit lain

Penulis yang bagus itu harus mengerti juga filosofinya. Penulis itu adalah:
– Pendengar
– Pembaca
– Pembicara

Tips lainnya nih dari omjay,
1. Daring (Dalam Jaringan)
2. Pergi ke toko buku dan perpus

Terakhir nih, Mottonya om jay,
“Menulislah setiap hari, Buktikan apa yang terjadi”

udah segitu aja postingan kali ini,, lanjut ke kels berikutnya, kelasnya daengbattala atau pak amril tg😀

Discussion

6 thoughts on “Kiat jitu menulis ala chef Om Jay

  1. Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

    Posted by jtxtop | 5 January 2013, 12:25
  2. Salam.
    Luar biasa, Tips dan kiat dari seorang maestro.
    salam

    Posted by Becks | 7 January 2013, 07:43
  3. Wah keren liputannya, singkat, jelas, dan padat, hehehe

    salam
    Omjay

    Posted by Wijaya Kusumah | 9 January 2013, 08:53

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: