//
you're reading...
Komik

Komik Musholah : Persamaan Mudhihhin dan Anggota Dewan

Berkurban adalah suatu ibadah ritual yang diyakini dan disepakati oleh muslimin berasal dari sirrah nabi Ibrahim as. Suatu ibadah ritual yang menuntut adanya “pelepasan” atau “terpisah” dengan sesuatu yang sangat dicintai. Dalam kisah nabi Ibarahim, suatu yang harus “dilepas” atau “dipisah” adalah seorang anak tercintanya, yakni nabi Ismail as.

Namun, dewasa ini, ghirah yang dialami dan dirasakan oleh Ibarahim mulai terkikis. Tak lain dan tak bukan adalah musuh utama manusia, yakni sebuah ego. Ibadah qurban tak lagi sebagai usaha seorang muslim dalam mendekatkan diri kepada Rabb-nya, melainkan menjadi sebuah ritual mendekatkan diri pada sebuah pencitraan yang kemungkinan akan terbangun pada lingkungan masyarakat.

Namun pada komik kali ini, saya tidak membicarakan NIAT dari para Mudhihhin (orang-orang yang berkurban), melainkan sebuah kritik sosial untuk para pemuka dan petinggi negeri ini. Akan tetapi, pada dasarnya, kritikan ini bisa juga melekat dan menyentil kita sebagai manusia sebagai pribadi dan peran kita ditengah masyarakat.

Anda Mudhihhin? Maka jadikan kurban kalian sebagai bukti kalian cinta pada Allah, ketika anda sebagai hamba. Dan bukti kecintaan kalian terhadap orang lain atau masyarakat, ketika anda berperan didalam kemasyarakatan, bukan malah mengorbankan masyarakat demi kepentingan sendiri atau golongan…😀

Selamat Iedul Qurban 1432H!

 

 

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: