//
you're reading...
FikSi, Uncategorized

Melewati Orang Sholat

Harry (H): Kang, bagaimana kalau sholat kita batal ditengah jalannya sholat berjemaah?

Kang Jamal (KJ): Bagaimana? masudnya?

H: Itu loh, Kang, bukannya kita dilarang lewat didepan seseorang yang sedang sholat? Nah, apa yang seharusya kita lakukan jika sholat kita batal, padahal kita berdiri persis di depan dan ditengah jemaah sholat?

KJ: Oh itu toh. Ya sudah diam saja. tidak usah bangkit dan keluar barisan.

H: Nah, kalau sholatnya itu sholat jumat, bagaimana?

KJ: Ya sudah duduk manis aja, tunggu hingga selesai sholat.

H: Lah ibadah sholat jumatnya gimana?

KJ: Setelah selesai, kamu ganti dengan sholat zuhur. Tidak usah dijadikan masalah.

H: oh…

(Islamic Center Bekasi, 17 Mei 2010 – kajian shohih bukhori oleh Ust. Jamalullail)

Discussion

4 thoughts on “Melewati Orang Sholat

  1. Bagaimana jika hal serupa terjadi saat menjalankan shalat tarawih di masjid pada bulan Ramadhan? kan bisa kita sadari tak sedikit anak’berusia di bawah akil baligh, mereka mengikuti orangtuanya bertarawih. dan sekitar yang berumur 2, 3, 4tahun atau bahkanpun lebih, mereka masih belum mempunyai kesadaran bahwa berkeliaran berjalan di depan shaff/sajadah orang’yang sedang melangsungkan shalat itu selain sgt terganggu, dan bisa saya fahami dari postingan anda di atas, akan mjd suatu pelaksanaan yang membatalkan, bukan? lalu bagaimana seharusnya sikap kita? tak mungkin jg kan kita memarahi anak kecil. karena anak kecil bersifat sulit utk mengerti nasihat’yg didapatnya, mskpn iya dg perkataan yg halus. saya pun pernah membaca buku hadist. hal tsb bisa saja tak membatalkan asal kita gariskan di atas sajadah kepala kita dengan penghalang, meskipun dengan garisan kapur. mohon penjelasannya. sblmnya trmksh.

    Posted by ukhhtikka | 24 December 2011, 09:57
  2. Alaikumsalam Ukht,

    Ana tidak pernah mengatakan bahwa akan membatalkan ibadah shalat kita ketika ada seorang yang melintas saat kita shalat (afwan, kalau pengertian ana salah saat membaca kalimat anti “…dan bisa saya fahami dari postingan anda di atas, akan mjd suatu pelaksanaan yang membatalkan, bukan?”)

    Pada intinya, tidak ada larangan yang mengatakan bahwa kita dilarang untuk membawa anak kecil berjamaah di masjid. Ada memang hadits yang mengatakan hal demikian, namun kebanyakan ulama bersepakat bahwa hadits itu lemah.

    Dan pada intinya pula dilarang keras melewati seseorang yang sedang shalat. Karena melewati orang shalat di bagian depan adalah hal yang dilarang dalam agama. Dalilnya adalah hadits muttafaqun ‘alaihi berikut ini:

    Rasulllah SAW bersabda, “Seandainya orang yang lewat di depan orang shalat mengetahui tentang dosanya, maka pastilah menunggu selama 40 lebih baginya dari pada lewat di depannya. (HR Bukhari dan Muslim)

    Salah saeorang perawi hadits, Abu An-Nadhr, berkata, “Aku tidak tahu apakah maksudnya 40 hari, 40 bulan atau 40 tahun.

    Namun untuk menjawab pertanyaan anti, silahkan anti lihat di https://faridwajdiarsya.wordpress.com/2011/12/26/anak-kecil-balita-yang-melintas-didepanmu-ketika-kamu-shalat/

    Posted by FARID We | 26 December 2011, 09:41
  3. kalo sholat berjamaah tidak masalah lewat depan yg sholat jika kita batal atau udzur yg lain..karena yg jadi tolok ukur adalah imam..sehingga yg dilarang dalam sholat jamaah adalah lewat depan imam..makanya diwajibkan memasang sutrah di depan imam..wallahu a’lam

    Posted by aim | 2 August 2012, 11:21
    • Antum Betul Akh, tulisan ini sebelum saya tahu mengenai sutrah untuk shalat berjamaah, bahwasanya sutrahnya adalah imam, jadi tidak mengapa melewati jemaah lain… semoga yang membaca tulisan ini ikut membaca komentar ini

      Posted by FARID We | 3 August 2012, 04:48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: