//
you're reading...
Coretan

Mencari Khusyuk

tenggelam air mata khusyuk

Teman-teman, apa yang kamu rasakan ketika sampan yang kamu naiki diterjang ombak bergantian. Ketika itu kamu sendirian. Kamu benar-benar sendirian, tanpa teman. Angin malam menusuk dan mencabik kulit-kulitmu hingga menyentuh tulang-tulangmu. Cahaya bulan hanya temaram kecil bahkan tersenyum sabit memandangmu Teman, sekali lagi, apa yang kamu rasakan?

Tak lama kemudian sampan itu terbalik tergiling terhempas oleh gumpalan riak air liar. Kamu tak punya pelampung, sekali lagi, tak ada pelampung di sampan. Sedang riak ombak terus menyulut seakan ingin membakar sampan kayumu. Sampanmu akhirnya karam hancur berlebur tak berbentuk lagi. Lalu, sekarang apa yang kamu rasakan, teman?

Kau sendiri. Masih sendiri. Tak ada teman. Tak ada kawan. Bahkan cahaya bulan pun enggan melihatmu lagi. Ia tertutup awan. Kau sendiri, Teman. Masih sendiri. Sedang keahlianmu hanya berenang. Tapi ini tidak hanya dibutuhkan keahlian renangmu, Teman. Lawanmu bukan hanya ketakutanmu, tapi alam yang liar. Air yang beriak tak tentu arah. Memukul tak kenal tega. Menghujam tanpa tahu sungkan. Ini air liar, Teman. Ini ombak badai. Lalu sekarang, apa yang kamu rasakan, Teman?

Teman, Siapa yang kamu ingat saat itu? Hartamu? Kekuasaanmu? Istrimu? Sahabatmu? Masihkah engkau ingat dunia dengan segala kefanaannya?

====

Teman, ketika itu, semuanya pasti akan ingat Tuhan. Karena sejatinya kita adalah makhluk Tuhan. Hati kita akan selalu berpulang pada Tuhan. Percaya atau tidak dirimu dengan Tuhan. Aku yakin, Kamu, aku, atau teman yang lainnya akan merintih meminta pertolongan hanya pada Tuhan.

=====

Teman, mungkin kita harus belajar, bagaimana merasa tenggelam sendirian dalam samudera luas yang beriak ombak, dalam setiap shalat kita? Sehingga kita akan selalu khusyuk dan hanya ingat kepada Tuhan dalam setiap shalat kita. Seakan-akan kita akan mati, mungkin, setelahnya.

Discussion

One thought on “Mencari Khusyuk

  1. belajar untuk khusuk..
    ***
    mohon maaf lahir batin mas..

    Posted by farid cham | 18 September 2009, 21:45

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: