//
you're reading...
Cerpen, FikSi

Menunda Sedekah

gambar zakatSehari sebelum masuk Ramadhan. Ada seorang ibu tua yang terpaksa mengemis dipinggir jalan demi menyambung hidup. Dihari itu, terhitung telah dua hari, ia tidak makan.

Ia menghampiri anak muda yang sedang berada di warung makan, yang ternyata adalah Harri, “Mas, minta sedekahnya, Mas…” pinta ibu tua dengan sedikit terbatuk-batuk setelahnya.

Melihat peminta-minta didepannya, Harri berpikir sedikit sebelum bertindak. Karena memang ia pun memiliki uang yang tidak banyak. Ia berpikir sejenak, ‘Kalau sedikit uang saya dikasih ke peminta-minta ini sekarang, pahala yang saya dapat tidak banyak. Padahal besok masuk Ramadhan. Kalau saya sedekahkan di bulan itu pasti pahalanya lebih banyak.’

Akhirnya Harri berkata, “Maaf dulu , Bu.” Dan Ibu itu dengan terbatuk-batuk pergi meninggalkan warung makan dengan sedikit gurat kecewa. Batuknya pun makin lama makin menghilang suaranya.

Tidak lama kemudian, Harri selesai makan dan berniat pulang. Masih belum jauh dari warung makan, ditengah jalan ia melihat kerumunan orang-orang menyaksikan sesuatu. Harri sengaja menghampiri namun ternyata tidak ada apapun disana. Harri sengaja bertanya kepada salah satu orang yang berada disana, “Ada apa, Mas?”.

“Baru saja ada Ibu tua, pengemis, yang jatuh dan meninggal dunia, dek” Jawab salah seorang yang ditanya tadi. Mendengar berita itu Harri langsung lemas dan menyesal karena manunda sedekahnya.

(terinspirasi dari notes teman)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: