//
you're reading...
Cerpen

Doa si Kaya dan si Miskin

Malam hari. Di rumah keluarga kaya di persimpangan jalan berportal.

“Dek, cepat tidur ya! Tapi jangan lupa berdoa terlebih dahulu. Dan doakan juga buat mom, dad, dan adek sendiri.” Seorang perempuan muda dikamar anak satu-satunya.

“iya, Mom!” sang anak terlebih dahulu menarik selimut untuk menutupi tubuh mungilnya hingga berbaring sempurna bersamaan dengan keluarnya sang ibu dari kamar anaknya.

“Ya Tuhanku, jadikanlah kami sekeluarga termasuk orang-orang yang diampuni segala dosa dan penuh dengan rasa syukur dengan apa yang kami miliki. Jadikanlah esok hari adalah hari yang terbaik buat kami sekeluarga. Amin”

Malam hari. Di sebuah kolong jembatan.

“Mak, apakah doa kita yang miskin ini akan didengar Tuhan?”

“Tentu saja, Nak. Tuhan itu bukan milik orang kaya saja, tapi juga yang miskin. Dan tentu saja akan mendengarkan doa yang kita panjatkan, asal dengan niat yang tulus dan penuh harap.”

“Oh. Kalau begitu, sebelum tidur aku ingin berdoa, Mak.”

“Bagus, Nak,” sang ibu sambil melipat kardus yang ia punya untuk dijadikan sekedar bantal buat si anak tidur, “tapi jangan keras-keras yah, dalam hati saja, nanti tetangga kita dengar, dan kita punya saingan.”

“iya, Bu,” Sang anak merebahkan tubuhnya dan mengganjal kepalanya dengan hasil lipatan kardus sang ibu seraya berdoa dalam hati, “Ya Tuhanku, Jadikanlah esok hari yang terbaik buat kami. Jadikanlah orang kaya yang tinggal dipersimpangan jalan berportal itu selalu membuang sisa makanan yang enak-enak. Dan jadikanlah mereka selalu tidak menghargai rezekiMu, sehingga kami akan selalu dapat mengais di bak sampahnya, dan dapat makan untuk mengisi kosongnya perut kami hari ini. Amin!”

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: