//
you're reading...
Essay

Serangan Israel ke Palestina

Membaca postingan di blog BaNi MusTajaB yang berjudul Inilah Tampang Penjahat Israel dan postingan di Blognya Omiyan dengan tema Surat Terbuka Buat Blognya Y.M. Dhammaraja Mahavatar Buddha Vama, saya jadi ingin ikut komentar dan memberikan pandangan tentang serangan Israel terhadap Palestina. Pada kedua tema di atas, saya ikut berkomentar. Dan komentar saya hampir pada dasarnya senafas, walau beda secara tekstual. Nafas Perdamaian.

Serangan Israel ke Palestina sudah memakan waktu seminggu. Itu mungkin bukan waktu yang lama bagi kita di luar Palestina, namun tidak bagi para ibu, para anak, dan masyarakat di negeri para nabi itu, khususnya warga Gaza. Seminggu dengan rasa takut itu sudah cukup membuat waktu itu terasa sangat lama.

Sedih… Namun lebih sedih lagi ketika kita hanya bisa bersedih melihat mereka menangis ketakutan, warga Palestina.

Entah apa motif dari serangan keji itu. Ada yang mengatakan itu adalah motif agama semata. Namun ada juga yang mengatakan ini adalah motif politik domestik. Namun apapun motifnya jikalau harus memakan korban jiwa apalagi nyawa warga sipil yang tidak berdosa, itu adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Mari kita lhat masalah ini dengan sangat seksama. Ini bukan lagi masalah perang agama, dan kita harus singkirkan pandangan ini. Namun ini jelas-jelas masalah pelanggaran kemanusiaan. Pelanggaran yang seharusnya kita lawan dengan pergerakan kemanusiaan bukan pergerakan agama yang lebih sempit. Ada sisi agama memang disana. Ada sisi politik juga yang, mungkin, menjadi sebab disana. Namun mari kita lawan tindakan keji itu dengan tindakan besar dengan kendaraan besar. Bukan agama jawabannya, menurut saya. Namun Pergerakan Kemanusiaan.

Mari Bersatu para penganut agama untuk melawan kekejian Israel. Apapunm alasannya, ketika sudah ada korban jiwa dari orang sipil tak berdosa menjadi korban, itu adalah sebuah KEBIADABAN.

Dan terakhir, mari kita introspeksi diri kita dalam beragama. Karena agama itu diciptakan untuk membangun peradaban bukan kebiadaban. Agama itu Indah. Agama itu Damai. Mari kita ciptakan itu sesuai tujuan asasi dari adanya agama.

Discussion

3 thoughts on “Serangan Israel ke Palestina

  1. Anda benar. Keprihatinan kita memang terhadap para korban sipil, khususnya wanita dan anak-anak.
    Ketiga foto yang saya tampilkan dalam blog saya itu sekadar untuk mengingatkan bahwa merekalah yang bertanggung jawab atas kekejian di Gaza.
    Ok. terima kasih.

    Posted by BaNi MusTajaB | 3 January 2009, 19:34
  2. Saya sangat setuju dengan kang bani… mereka adalah pelanggar HAM kelas wahid dekade ini…. dimana PBB?? dimana eropa? katanya mereka adalah orang-orang yang sangat peduli akan HAM

    Posted by faridwajdiarsya | 3 January 2009, 22:29
  3. Para pejuang hamas adalah dalam rangka mempertahankan wilayahnya yang di comot oleh zionis yang notabene tidak mempunyai wilayah…..siapapun pasti tak akan tinggal diam untuk mempertahankannya….

    dan kita juga tahu Bush mengakui dengan sendirinya bahwa agresi militer ke Irak tidak pernah membuktikan bahwa terdapat senjata pemusnah massal..jadi AS=Zionis adalah para teroris yang sebenarnya..tapi sayangnya negara-negara Islam telah bisu oleh ketergantungan faktor ekonomi kepada mbahnya zionis yaitu AS

    Posted by omiyan | 5 January 2009, 08:55

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: