//
you're reading...
Coretan

Karakter Diri : Plegmatis

Baru saja buka Facebook. Ternyata ada request dari teman sofyan tsaury tentang pengenalan karakter diri. Iseng, coba ikutin langkah-langkahnya dengan menjawab 10 pertanyaan kepribadian. Ini hasilnya:

——

Anda sangat handal dalam hal diplomatis dan penengah. Anda bagaikan malaikat yang membawa kedamaian di muka bumi yang kacau. Anda adalah pendengar nomor wahid sejagad raya, itulah kenapa orang menyukai anda. Kebaikan, konsistensi dan loyalitas anda, membuat anda bisa menjadi orang kepercayaan dimana mana. Betapa dunia damai dengan adanya anda… lagi lagi, karena anda seorang pendengar sejati dan menghindari sengketa, anda sulit mengatakan \\\\”tidak\\\\” terhadap sesuatu. Kurang ketegasan adalah hal yang paling terlihat dari diri anda dimana pun anda berada. Keputusan yang lama membuat anda sebaiknya tidak mengambil keputusan sama sekali. Akibat hal hal diatas, maka kepekaan akan keadaan sekitar semakin berkurang. emosinya seperti tidak terdeteksi. anda tidak akan tahu orang ini sedih atau bahagia. ungkapan yang sering diucapkannya adalah \\\\”hmm\\\\” sebagai respon orang lain yang berbicara kepadanya. entah maksud \\\\”hmm\\\\” itu ya atau tidak, itu tidak jelas.. yang jelas pasti cuma menerima dan menundanya. hal hal yang perlu terus diatasi setiap hari adalah: 1. Belajar berkata \\\\”maaf saya ada kegiatan lain sehingga tidak bisa …\\\\”. Dan lakukan kegiatan tersebut untuk manfaat diri anda sendiri. Waktu anda berharga. 2. Ambil keputusan segera akan sesuatu. Bahkan hal kecil sekalipun. Lakukan sebisa nya anda dan hargailah hasil yang anda peroleh sebagai tanda bahwa anda sekarang lebih baik lagi. 3. Sedikitlah lebih keras ke diri sendiri dalam bertindak. Baik berkata \\\\”tidak\\\\”, pengambilan keputusan akan sesuatu, yak sekarang pulang, dan lain lain. 4. Belajarlah untuk mengungkapkan pendapat sendiri. Mulailah secara bertahap, mulailah dari sekarang.

——-

Kalau dilihat hasilnya lumayan mendekati. Dan lumayan buat introspeksi diri di awal tahun. Paling tidak saya tahu kelemahan saya. Ada PR untuk saya.  Dan harus mulai berubah dari sekarang.

Discussion

One thought on “Karakter Diri : Plegmatis

  1. nah ini dia topik yang udah lama pengen aku angkat di blog…tapi belum bisa diwujudkan karena…..moodnya belum dateng, hihihihi

    taken from buku psikologi larisnya Florence Littaeur, Personality Plus (aka. buku pegangan wajib waktu kuliah), tentang pengenalan karakter diri sendiri dan orang lain, dan menginterpretasinya menjadi cara berkomunikasi yang baik antar setiap individu. Nice book, a really must read, helping people to understand others….:)

    Posted by ayoeniech | 3 January 2009, 19:09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

%d bloggers like this: