//
you're reading...
Film

Wisdom from Kevin

Setelah sekian lama akhirnya nonton lagi film Home Alone. Pagi ini yang diputer sekuel yang kedua. Kesan yang ada, setelah diinget-inget, bahwa film itu menceritakan kecerdikan seorang anak kecil yang dikejar-kejar dua orang penjahat. Yah, kesan selama ini hanya itu yang ada.

Tapi ternyata Kevin, nama anak kecil itu, tidak saja cerdik mengerjai dua orang penjahat itu. Dia juga seorang yang sangat cerdas dan bijaksana. Ada satu adegan yang sangat menarik dan sangat berkesan. Yaitu saat Kevin berdialog dengan wanita tua dengan merpatinya.Wanita tua yang sudah lama sekali tidak berbicara dengan orang lain itu akhirnya mulai berani berdilog dengan kevin, bahkan mencurahkan hatinya.

Dialognya sangat menawan, apalagi yang berbicara adalah seorang anak kecil seumuran kevin saat itu. Mereka berbicara tentang hati.

Wanita tua itu bercerita bahwa ia pernah mempunyai seorang kekasih yang, dahulu, saling mencintai. Akhirnya suatu saat sang kekasih menyakiti hatinya. Dan mereka pun berpisah.

Masih cerita sang wanita tua. Pernah suatu saat sang kekasih ingin menjalin hubungan kembali dengannya namun wanita tua itu tidak merestuinya karena ia tidak ingin hatinya kembali menjadi sakit. Akhirnya ia mulai menutup hati untuk sang kekasih dan juga orang lain.

Dan Kevn pun berbicara dengan penuh kebijaksanaan yang luar biasa. Dan itu keluar dari mulut seorang anak kecil. Kevin tidak langsung menjawab dengan jawaban yang to the point. Dia berusaha menjawab dengan sebuah analogi “aneh”. Kalau tidak salah penggalan dialognya seperti ini,

..Hal itu sama seperti saya, saat saya tidak mau memakai sepatu roda saya karena takut untuk merusaknya. Akhirnya sepatu roda itu hanya saya simpan di kamar saya. Lalu setelah berselang lama, sepatu roda saya menjadi macet rodanya.

Wanita tua itu sedikit kaget dan mengatakan,

Sepatu roda sangat berbeda dengan hati

Kevin menjawab,

..Menurut saya sama saja, kalau hatimu selalu kamu tutup rapat-rapat dengan alasan karena kamu tidak ingin merasakan sakit hati, apa bedana dengan sepatu roda saya yang hanya saya simpan karena takut rusak kalau saya pakai… dan nantinya, hati juga akan rusak seperti roda sepatu roda saya.

Dialog yang sangat mengesanan dari seorang anak kecil dan wanita tua. Walau ini film fiksi, namun saya yakin bahwa kebijaksanaan itu bukan monopoli orang tua. Kebijaksanaan itu bisa muncul dari siapa saja, dan mungkin dari apa saja

Discussion

One thought on “Wisdom from Kevin

  1. dan kebijaksanaan belum akan menjadi kebijaksanaan hingga seseorang membuka mata hatinya cukup lebar untuk menerima, mengambil dan merefleksikan intisari kebijaksanaan tersebut…

    hehehe, nice posting bro

    ^_^

    Posted by ayoe niech | 1 January 2009, 06:23

Leave a Reply

Facebook

My Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Categories

Archives

blog-indonesia

