//
archives

FikSi

This category contains 43 posts

Harri dan Kesalahan dalam Membaca Quran

“Kenapa musti dia yang jadi imam sih, Kang?” Harri sedikit kesal setelah shalat berjamaah tak lama selesai. “Ya, Sudahlah. Bukan dengan ngomongin orang kek gitu caranya. Nanti kita coba sama-sama belajar lagi.” Kang Shihab menjawab santai. “Tapi tadi itu harusnya bacaannya ndak dibaca panjang, Kang. Dasar, belum becus jadi imam malah sok maju jadi imam.” … Continue reading

Melewati Orang Sholat

Harry (H): Kang, bagaimana kalau sholat kita batal ditengah jalannya sholat berjemaah? Kang Jamal (KJ): Bagaimana? masudnya? H: Itu loh, Kang, bukannya kita dilarang lewat didepan seseorang yang sedang sholat? Nah, apa yang seharusya kita lakukan jika sholat kita batal, padahal kita berdiri persis di depan dan ditengah jemaah sholat? KJ: Oh itu toh. Ya … Continue reading

Dialog Tasawuf dan Tauhid

Harry (H) : Kang, sekarang saya sering malu meminta sesuatu sama Allah Kang Shihab (KS) : Memangnya kenapa, Har? H : Saya malu karena seringkali tidak bersyukur dari apa yang sudah Allah berikan ke saya. Padahal banyak yang sudah saya minta dan dikabulkan. KS : Banyak doamu yang terkabulkan? Wah, kan itu bagus. Kenapa sekarang … Continue reading

fatwa rokok (2)

“Assalamualaikum..” Sapa Harry “’Aliaikumsalam…” jawab temannya. “Eh, Jak, Apa kabarnya ente?” Tanya Harri pada temannya, Rojak. “Bae-bae aja, Har. Nah ente?” “Baik juga, Alhamdulilah. Wih, rokok di asbak banyak amat tuh, Jak?” “Yah sambil nunggu ente, Har.” “Emangnya ente ngga  denger kalau PP Mamadiyah kemarin ngeluarin fatwa kalau rokok itu haram?” Tanya Harry. Dengan ringannya … Continue reading

Fatwa Rokok

Selepas mengaji di musholah, Harry dan Mamat sengaja mengambil tempat di pelataran samping mushalah untuk sekedar menghilangkan pegal-pegal pada badannya. Mereka memang biasa beristirahat setelah selesai mengaji, tidak langsung pulang seperti jamaah yang lainnya. Ketika baru duduk di dekat pintu samping mushalah, Harry langsung mengeluarkan sebatang rokok dari dalam kantong kemejanya. Dia langsung menyalakan korek … Continue reading

[fiksimini] tuli

“Bukannya cinta itu buta?” tanya seorang yang tuli kepada kekasihnya.

[fiksi mini] Keriput

Suatu hari, keriput mendatangi seorang pemuda gagah yang akhir-akhir ini selalu berada sendiri di pojokan kamar. Keriput itu pun berkata, “wahai pemuda, bicaralah. Aku siap jadi temanmu.”

[fiksi mini] Shiroth al-Mustaqim

Tiba-tiba datang Himpunan Malaikat Anti Korupsi  (HiMAK) ke kantor Administrasi Keuangan Akhirat (AKA). Salah satu personel  HiMAK berkata kepada pimpinan AKA, “Maaf Tuan, Anda akan kami tangkap, karena telah melakukan korupsi pada proyek pembangunan jembatan shirothol mustaqim yang seharusnya dibangun dengan megah, tetapi kenyataannya hanya menggantung jembatan yang lebih lembut dari rambut dan lebih tajam … Continue reading

Muludan

Mamat (M): Har, ga ikutan muludan? Harry (H): Ga ah, ntar aja ikutan makan-makannya. M: Dasar! Masa ga muludan mau ikut makan-makannya doang? H: Lah, bukannya ada kaidah yang bilang, kalo hukum asal dalam perkara adat adalah boleh, sampai ada dalil yang menyatakan keharamannya? M: Lah maksudnya apa? H: Kan makan itu adat. M: Lah … Continue reading

A atau C

Di suatu siang, Harry dan teman-temannya berkunjung ke rumahnya Mamat. Mereka akhirnya sampai pada suatu tema yang sangat sengit. Yaitu, memilih siapa yang lebih menarik antara Ana dan Citra. Mamat (M): Kalau menurut gw, lebih cantik Citra-lah. Ujang (U): Jelaslah Citra. Bayangin aja, selain cantik, bodynya bosss,,, aduhai. Kusni (K): Iyalah, sudah jelas lebih menarik … Continue reading

Facebook

My Twitter

Categories

Archives

blog-indonesia

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 464 other followers