//
you're reading...
Coretan

Jadwal Puasa Sunnah 1433 H pada Kalender Masehi

Bismillah,

Beberapa waktu lalu, saat sedang bekerja di kantor, tiba-tiba saya dapat BBM dari sang adik,

“Puasa Muharram besok kan ya, Bang?”

Namun saat itu saya tak sengaja seperti mengabaikannya, karena kebetulan pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Dan seingat saya, hari saat adik saya BBM, tak jauh dari hari saat pergantian tahun hijriyah, jadi ada kesan pula aku sengaja tak menjawab dan tak menghiraukannya, karena saya pikir, “ah, masih lama”.

Dilain waktu, tepatnya semalam, istri saya sempat melontarkan pertanyaan yang senada dengan adik saya,

“Besok puasa ya, Bi?”

Namun karena batuk masih menyerang saya dan tontonan tv adalah favorit (^_^), Sepak Bola, maka tanggapan saya ke istri hanya sekedar saja. “Maaf ya, Mi…” (^_^)

Dan hari ini, tiba-tiba ada pesan masuk di BBM saya, kali ini datang dari seorang teman,

“…makan yang banyak, besok puasa.”

Jadilah akhirnya saya langsung browsing, cari jadwal puasa sunnah tahun 1433H/2011-2012M dan akhirnya mendapatinya.

Berikut kalender puasa sunnah 1433 H / 2011-2012 M :

1. Puasa sunnah tiap hari Senin dan Kamis (kalender Hijriyah/Masehi).

2. Puasa Tiga Hari Setiap Bulan (Tanggal 13,14,15 di kalender Hijriyah)

- 8, 9, 10 Desember 2011/Muharram 1433 H
– 7, 8, 9 Januari 2012/Shafar 1433 H
– 5, 6, 7 Februari 2012/Rabi’ul Awwal 1433 H
– 6, 7, 8 Maret 2012/Rabi’ul Akhir 1433 H
– 5, 6, 7 April 2012/Jumadil Awwal 1433 H
– 4, 5, 6 Mei 2012/Jumadil Akhir 1433 H
– 3, 4, 5 Juni 2012/Rajab 1433 H
– 3, 4, 5 Juli 2012/Sya’ban 1433 H
– Puasa (wajib) Ramadhan 1433 H – 20 Juli – 18 Agustus 2012 ***dengan demikian, tidak ada puasa sunnah 3 hari di bulan Ramadhan..***

- 31 Agustus, 1, 2 September 2012/Syawwal 1433 H
– 29, 30 September, 1 Oktober 2012/Dzulqa’idah 1433 H
– 29, 30, 31 Oktober 2012/Dzulhijjah 1433 H. ***tgl 29 Oktober = hari terakhir Tasyriq, tidak boleh berpuasa***

3. Puasa Sepertiga Bulan – Yakni di bulan Dzulhijjah (antara 17 September – 16 Oktober 2012).
Puasa tanggal 9 Dzulhijjah (Arafah) bagi selain orang yang melaksanakan haji. Tanggal 25 Oktober 2012.
Puasa dilakuan 17 September – 16 Oktober 2012, terputus dengan idul Adha dan hari Tasyrik, dilanjutkan lagi tgl 30 & 31 Oktober 2012.

Tidak boleh berpuasa :
Hari Idul Adha – 10 Dzulhijjah / 26 Oktober 2012.
Hari tasyriq 11,12,13 Dzulhijjah / 27, 28, 29 Oktober 2012.

4. Puasa Bulan Muharram – ‘Asyura’ selama 3 hari – 9, 10, 11 Muharram (4, 5, 6 Desember 2011).
Sangat dianjurkan tanggal 9 dan 10 (Tasu’a dan ‘Asyura). Bisa juga dilakukann tgl 10 dan 11.

5. Puasa pada sebagian bulan Sya’ban
Antara 21 Juni – 19 Juli 2012.

6. Puasa pada bulan Syawal – 6 hari
Tidak diperkenankan puasa pada 1 Syawal (19 Agustus 2012)
Antara 20 Agustus – 16 September 2012.

7. Puasa Daud – berpuasa selang seling
Berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. *kecuali hari2 yang dilarang berpuasa*

(jadwal diunduh dari : http://tausyiah275.wordpress.com/2011/11/29/jadwal-puasa-sunnah-1433h-2011m/

 

Oke, itu aja postingan hari ini, semoga bermanfaat ^_^/ *Allahu Akbar!!

Discussion

26 thoughts on “Jadwal Puasa Sunnah 1433 H pada Kalender Masehi

  1. Syukron jazakallah atas postingannya, sangat bermanfaat

    Posted by Alfi Fauzan | 5 December 2011, 08:07
  2. Terima kasih sharingnya. Sangat bermanfaat.

    Posted by Sri Murniningtyas | 6 December 2011, 04:05
  3. untuk yg puasa tgl 13,14,15 kok dimulai tgl 8 desember 2011 ya…
    bukanya tgl 13 muharam jatuh pd tgl 9 desember?
    terima kasih atas infonya.

    Posted by annik mega | 6 December 2011, 13:48
    • terima kasih sebelumnya atas kunjungannya.

      untuk menjawab pertanyaannya, mungkin singkatnya begini, sama halnya dengan saat idul fitri kemarin, telah terjadi perbedaan pendapat mengenai saat mulainya bulan Muharram. Jadwal di atas tidak sama dengan tanggalan/kalender pemerintah, karena jadwal di atas adalah penganut metode WUJUDUL HILAL, sedangkan Pemerintah menggunakan metode IMKANUR RUKYAT.

      yang menggunakan metode WUJUDUL HILAL memulai bulan MUHARRAM pada tanggal 26 November 2011, sedangkan Pemerintah yang menggunakan metode IMKANUR RUKYAT memulai MUHARRAM pada tanggal 27 November 2011.

      *Perbedaan adalah keniscayaan, namun PERSATUAN dan KESATUAN UMAT adalah tugas wajib bagi setiap muslim. :)

      Posted by FARID We | 6 December 2011, 13:59
  4. Jadwal puasa sunah nech…

    Posted by Nitta Febriyanti | 6 December 2011, 20:53
  5. Makasih ya udah dikasih panduan untuk menjalankan puasa sunah…

    Posted by Nitta Febriyanti | 6 December 2011, 20:54
  6. Assalammualaikum>>>
    terima kasih sekali atas infonya….
    cuma mungkin saya yg terlewatkan…utk bulan november tdk ada jadwal puasa sunnah?
    wassalam…

    Posted by Braja | 10 January 2012, 08:13
  7. Maksi… Sangat bermanfaat

    Posted by any larasati | 26 February 2012, 23:18
  8. nice artikel.. Thanks

    Posted by chery | 20 May 2012, 23:52
  9. trim kasih info

    Posted by bambangsulistya | 22 May 2012, 16:29
  10. ini kan tgl 22 mei,jatwal puasa sunah bulan rajab,knapa gk ad d jatwal?

    Posted by umi ami | 22 May 2012, 21:44
  11. mksh..

    Posted by sukron jazilla | 28 May 2012, 10:36
  12. makasih moga nantinya dapat diamalkan amin…

    Posted by lisa | 29 May 2012, 15:16
  13. klo sekarang dimulai puasa rajabnya, masih bisa gak yah….

    Posted by Firmansyah | 30 May 2012, 19:53
  14. puasa rajab setau aku tgl 22 mei sampai 22 juni ,bener gak gan ,,,, thanks

    Posted by Rengga | 1 June 2012, 10:19
  15. trims sangat bermanfaat …..wass

    Posted by RP Mulya | 2 June 2012, 17:46
  16. Tambahan jadwal puasa

    حَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ فَضَالَةَ حَدَّثَنَا هِشَامٌ عَنْ يَحْيَى عَنْ أَبِي سَلَمَةَ أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا حَدَّثَتْهُ قَالَتْ لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ وَكَانَ يَقُولُ خُذُوا مِنْ الْعَمَلِ مَا تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللَّهَ لَا يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا وَأَحَبُّ الصَّلَاةِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا دُووِمَ عَلَيْهِ وَإِنْ قَلَّتْ وَكَانَ إِذَا صَلَّى صَلَاةً دَاوَمَ عَلَيْهَا

    Telah menceritakan kepada kami Mu’adz bin Fadhalah telah menceritakan kepada kami Hisyam dari Yahya dari Abu Salamah bahwa ‘Aisyah radliallahu ‘anha menceritakan kepadanya, katanya: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah melaksanakan shaum lebih banyak dalam sebulan selain bulan Sya’ban, yang Beliau melaksanakan shaum bulan Sya’ban seluruhnya. Beliau bersabda: Lakukanlah amal-amal yang kalian sanggup melaksanakannya, karena Allah tidak akan berpaling (dalam memberikan pahala) sampai kalian yang lebih dahulu berpaling (dari mengerjakan amal) . Dan shalat yang paling Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam cintai adalah shalat yang dijaga kesinambungannya sekalipun sedikit. Dan Beliau bila sudah biasa melaksanakan shalat (sunnat) beliau menjaga kesinambungannya. (HR Bukhari 1834)

    حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ حَكِيمٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صَوْمِ رَجَبٍ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِي رَجَبٍ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لَا يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لَا يَصُومُ و حَدَّثَنِيهِ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ ح و حَدَّثَنِي إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ كِلَاهُمَا عَنْ عُثْمَانَ بْنِ حَكِيمٍ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ بِمِثْلِهِ

    Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Numair -dalam riwayat lain- Dan Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Utsman bin Hakim Al Anshari ia berkata; Saya bertanya kepada Sa’id bin Jubair mengenai puasa Rajab, dan saat itu kami berada di bulan. Maka ia pun menjawab; Saya telah mendengar Ibnu Abbas radliallahu ‘anhuma berkata; Dulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah berpuasa hingga kami berkata berkata bahwa beliau tidak akan berbuka. Dan beliau juga pernah berbuka hingga kami berkata bahwa beliau tidak akan puasa. Dan telah meceritakannya kepadaku Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami Ali bin Mushir -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Musa telah mengabarkan kepada kami Isa bin Yunus keduanya dari Utsman bin Hakim di dalama isnad ini, yakni dengan hadits semisalnya. (HR Muslim 1960)

    Habib Munzir AlMusawa menyampaikan “tak satupun dalil dari hadits Rasul shallallahu alaihi wasallam yang melarang Puasa Rajab, bahkan para Sahabat sebagian melakukannya, sebagaimana diriwayatkan dalam shahih Muslim di atas , bahwa Utsman bin Hakim Al Anshari bertanya pada Said bin Jubair mengenai Puasa Rajab, maka ia menjawab bahwa Ibn Abbas ra berkata bahwa Rasul shallallahu alaihi wasallam bila berpuasa maka terus puasa, dan bila tak puasa maka terus tak puasa. Riwayat tersebut menunjukkan bahwa tak ada pelarangan yang mengharamkan puasa rajab, bila ada pelarangan maka tentu akan disebutkan bahwa Rasul shallallahu alaihi wasallam, atau Ibn Abbas ra, atau Sa’id bin Jubair akan berkata bahwa itu haram dan dilarang“.

    حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ مَوْلَى أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ وَكَانَ خَالَ وَلَدِ عَطَاءٍ قَالَ أَرْسَلَتْنِي أَسْمَاءُ إِلَى عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ فَقَالَتْ بَلَغَنِي أَنَّكَ تُحَرِّمُ أَشْيَاءَ ثَلَاثَةً الْعَلَمَ فِي الثَّوْبِ وَمِيثَرَةَ الْأُرْجُوَانِ وَصَوْمَ رَجَبٍ كُلِّهِ فَقَالَ لِي عَبْدُ اللَّهِ أَمَّا مَا ذَكَرْتَ مِنْ رَجَبٍ

    Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya; Telah mengabarkan kepada kami Khalid bin ‘Abdullah dari ‘Abdul Malik dari ‘Abdullah -budak- dari Asma’ binti Abu Bakr dan dia juga adalah paman anaknya ‘Atha, dia berkata; Asma’ binti Abu Bakar pernah menyuruh saya untuk menemui Abdullah bin Umar agar menyampaikan pesannya yang berbunyi, ‘Telah sampai kepada saya bahwasanya, engkau telah mengharamkan tiga hal; pakaian yang terbuat dari campuran sutera, pelana sutera yang berwarna merah tua, dan berpuasa di bulan Rajab seluruhnya.’ Abdullah bin ‘Umar berkata kepadaku; ‘Mengenai berpuasa di bulan Rajab yang telah kamu singgung tadi, maka bagaimana dengan orang yang berpuasa selama-lamanya? ‘ (HR Muslim 3855)

    Habib Munzir al Musawa menyampaikan “Ummulmukminin Aisyah ra menegur Abdullah bin Umar ra bahwa apakah betul ia melarang orang berpuasa Rajab, maka Abdullah bin Umar berkata : “Bagaimana dengan puasa seumur hidup?”, ini menunjukkan tidak ada pelarangan dari Abdullah bin Umar ra mengenai puasa Rajab, dan pertanyaan itu muncul dari Aisyah ra memberikan pemahaman pada kita bahwa beliau melakukan puasa Rajab, bila beliau tak melakukannya maka paling tidak beliau (Aisyah ra) menyukai dan menyetujuinya, karena beliau menegur Abdullah bin Umar ra apakah betul ia melarang orang puasa rajab. Setumpuk dalil mereka kemukakan dan tak satupun ada hadits Rasul shallallahu alaihi wasallam yang melarang atau mengharamkan puasa rajab, namun mereka mengharamkannya seenak perutnya. Bila Ummulmukminin Aisyah menyetujuinya, kiranya darimanakah Aisyah mengenal hal itu?, dari kitab kah?, atau dari catatan catatan yang mungkin palsu dan salah cetak?, Dari suaminya tentunya, siapakah suaminya ? Sayyidina Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Aisyah ra tak pernah mengetahui sesuatu dari Ilmu Syariah selain bersumber dari Suaminya, Rasulullh shallallahu alaihi wasallam. Aisyah ra mengingkari orang yg melarang puasa rajab, silahkan kita memilih antara pemahaman Wahabi yang sesat (salah paham) atau Ummulmukminin Aisyah ra.

    Posted by mutiarazuhud | 2 June 2012, 20:35
  17. Nice share….alhamdulillah saya terbantu dengan postingan ini….terima kasih

    Posted by Akhmad | 2 July 2012, 04:47
  18. sharing yang sangat BERMANFAAT !!!!

    Posted by Marli | 5 July 2012, 10:19
  19. trims postingnx bermnfaat, puasa sunnah suro(asyuro) kok adanya cm d thn 2011, yg 2012nya tgl brp mas?
    thanks :)

    Posted by ikka | 27 August 2012, 06:09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Facebook

My Twitter

Categories

Archives

blog-indonesia

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 494 other followers

%d bloggers like this: